Gerak Pada Tumbuhan

A.                PENGERTIAN GERAK PADA TUMBUHAN

Gerak pada tumbuhan merupakan gerak sebagian organ tumbuhan atau keseluruhan tumbuhan akibat pengaruh rangsangan (otonom).

B.                MACAM-MACAM GERAK PADA TUMBUHAN

 

1.     GERAK HIGROKOPIS

Gerak higrokopis adalah bagian tumbuhan yang diakibatkan oleh pengaruh perubahan kadar air dan sel-selnya hinggah terjadi pengerutan tidak sama .

Contoh: Pecahnya buah polong yang sudah kering pada lamtoro, jarak, dan kembang murak.

2.     GERAK AUTONOM (ENDONOM)

Gerak autonom adalah gerak yang tidak disebabkan oleh rangsangan dari luar melainkan berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.

Contohnya: gerak kloropas memutar mengelilingi isi sel pada sel-sel daun Hydrilla sp.

3.     GERAK ESIONOM

Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari luar tubuh tumbuhan tersebut. Gerak esionom dibedakan menjadi:

a)                  Tropisme

Tropisme adalah gerak menanggapi rangsangan dari bagian organ tumbuhan. Arah geraknya dapat menuju/menjauhi sumber rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangan tropisme di bedakan menjadi:

  • v Fototropisme adalah gerak yang terjadi karen pengaruh cahaya. Contoh: gerak tumbuah ujung batang tanaman menuju ke arah cahaya.
  • Tigmotropisme adalah gerak yang terjadi karena pengaruh sentuhan. Contoh: gerak tumbuh ujung batang atau sulur tanaman tertentu membelit/melilit batang kayu/tongkat.
  • Geotropisme adalah gerak yang terjadi karena adanya pengaruh gaya tarik bumi (gravitasi). Contoh: gerak tumbuh akar menuju ke arah gravitasi bumi (geotropisme positif).
  •  Hidrotropisme adalah gerak yang terjadi karena adanya pengaruh air. Contoh: gerak tumbuh akar menuju ke tempat berair.
  •  Kemotropisme adalah gerak yang terjadi karena adanya pengaruh zat kimia.

b)                 Nasti

Nasti adalah gerak tumbuhan terhadap rangsangan yang arah geraknya tidak ditentukan oleh rangsangan tetapi oleh tumbuhan itu sendiri. Berdasarkan penyebabnya gerak nasti dibedakan menjadi:

  • v  Seismonasti adalah gerak tumbuhan yang terjadi karena adanya pengaruh sentuhan. Contohnya: gerak membuka menutupnya daun putri malu.
  • v  Termonasti adalah gerak tumbuhan yang terjadi karena adanya pengaruh suhu. Contoh: bunga tulip yang mekar hanya di musim semi.
  • v  Niktinasti adalah gerak tumbuhan yang terjadi karena adanya pengaruh gelap.
  • v  Fotonasti adalah gerak tumbuhan yang terjadi karena adanya pengaruh cahaya. Contohnya gerak mekar dan kuncupnya bunga tasbih.
  • v  Nasti Komleks adalah membuka menutupnya stomata.

c)                  Taksis

Taksis merupakan gerak pindah tempat seluruh tubuh tumbuhan menuju/menjauhi rangsangan  tersebut. Taksis dibedakan menjadi:

  • v  Kemotaksis terjadi karena pengaruh rangsangan zat kimia. Contohnya: tumbuhan biji kesel telur yang terdapat dalam arkogonium karena tertarik pada gula atau protein dihasilkan oleh arkogonium.
  • v  Fototaksis terjadi karena pengaruh rangsangan cahaya. Contoh: gerak  klorofil menuju ke permukaan yang mendapat cahaya dan gerak spora yang menuju flogol menuju ke tempat yang terang.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s